Target Angka Kemiskinan Capai 9%, Mensos Pacu Jajaran Kemensos Tingkatkan Kinerja - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Target Angka Kemiskinan Capai 9%, Mensos Pacu Jajaran Kemensos Tingkatkan Kinerja

Mensos Pacu Jajaran Kemensos Tingkatkan Kinerja, PKHDaily.com – Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengapreasi kinerja jajaran Kementerian Sosial yang sudah banyak mencatatkan capaian selama 2018. Termasuk adanya kontribusi terhadap penurunan prosentase angka kemiskinan hingga 9,66%, sesuai survei Badan Pusat Statistik (BPS) September 2018.

“Tahun ini, pemerintah menargetkan, angka kemiskinan bisa mencapai 9% atau lebih rendah lagi. Nah, pencapaian yang telah diraih selama 2018, hendaknya tidak membuat berpuas diri, namun menjadi pemacu semangat untuk berkinerja lebih baik,” kata Mensos dalam acara “Penutupan Rapat Koordinasi Evaluasi dan Capaian Kinerja Kementerian Sosial Tahun 2018”, di Jakarta, Jumat (01/02/2019).

Rapat koordinasi bertujuan mengidentifikasi target belum mampu dicapai, dan tantangan yang akan dihadapi ke depan sepanjang tahun ini. Rakor dihadiri para pejabat Eselon I dan II Kementerian Sosial, para kepala dinas sosial seluruh Indonesia, dan para undangan.

READ  Kemensos Berhasil Salurkan BPNT 2018 Sesuai Target

Dalam kaitan pengukuran kinerja, Mensos juga menyinggung hasil studi Microsave beberapa hari yang lalu terkait dengan pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Riset mencatat bahwa 96 persen KPM puas dengan BPNT karena proses BPNT dinilai mudah dan nyaman.

Target Angka Kemiskinan Capai 9% Tahun 2019

Mensos menyatakan, angka 96% bukanlah angka yang sedikit. Hasil survei ini, menurut Mensos, patut menjadi acuan, sebab Microsave adalah perusahaan konsultan dengan reputasi tinggi, sehingga hasil risetnya juga kredibel.

Menurut Mensos, untuk menilai kredibilitas hasil survei, bisa dilihat dari pengalaman suatu lembaga. “Pengalaman suatu lemnbaga dalam survey bisa menjadi indikator kredibilitas suatu lembaga survei. Jadi bukan hanya pengalaman selama 5-10 tahun. Tapi bila perlu yang berpengalaman 10-15 tahun,” kata Mensos.

Selain itu, kredibilitas hasil survey juga bisa diketahui dengan menelaah metodologi yang digunakan dalam penelitian. Selain BPNT, Microsave juga tengah menggelar riset untuk program bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

READ  ASEAN: Indonesia Fokus Isu Disabilitas, Perlindungan Sosial dan Kekerasan Terhadap Anak

Menjadikan riset sebagai ukuran dari akuntabilitas suatu kinerja, menurut Mensos, patut dikembangkan dalam rangka melakukan evaluasi. “Oleh karenanya, saya mendorong agar dikembangkan evaluasi berbasis riset dan menginformasikan hasilnya kepada publik sehingga bisa meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja,” kata Mensos.

Mengutip PP No. 39 tahun 2006, Mensos menyatakan, evaluasi merupakan rangkaian kegiatan yang membandingkan masukan (input), keluaran (output) dan hasil (outcome) atau dampak (impact) terhadap rencana dan standar yang telah ditetapkan.

“Hasil dari pelaksanaan evaluasi selanjutnya menjadi masukan untuk perencanaan yang akan datang,” kata Mensos. Dengan demikian, kata Mensos, hasil evaluasi harus dapat dipertanggungjawabkan sehingga metodologi berperan penting.

“Hasil evaluasi harus bisa menjawab outcome yang telah dicapai dalam pelaksanaan program/kegiatan, sehingga perlu dikembangkan evaluasi berbasis penelitian,” kata Mensos.

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/02/tekan-angka-kemiskinan-hingga-9-mensos-dorong-jajaran-kemensos-tingkatkan-kinerja

Facebook Comments
Tags: , ,
Target Angka Kemiskinan Capai 9%, Mensos Pacu Jajaran Kemensos Tingkatkan Kinerja | Social Writers | 4.5