Tips Sehat Mengatasi Lelah Saat Hamil - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Tips Sehat Mengatasi Lelah Saat Hamil

Cara Ampuh Mengatasi Lelah Saat Hamil – Banyak keluhan yang memang sering menimpa para ibu hamil. Hal semacam ini tidaklah mengerankan karena masih sebatas wajar. Terkadang ibu hamil sering merasa lelah dan letih selama menjalankan aktifitas. Apalagi pada saat menginjak trimester terakhir yang memungkinkan kondisi fisik ibu hamil telah mengalami perubahan dibandingkan ketika tidak sedang hamil.

Perlu disadari bahwa ibu hamil selalu membawa berat beban di perutnya, sehingga tak heran dia akan mudah lelah. Ditambah lagi, ibu hamil kerap menderita gejala lain seperti mual, pusing, lemas dan lain sebagainya. Secara umum masalah lelah saat hamil masih dapat ditangani lebih mudah. Inilah cara ampuh mengatasi lelah selama kehamilan berlangsung.

Ketahui Tips Ampuh Mengatasi Lelah Saat Hamil

Mengatasi Lelah Saat Hamil

Mengatasi Lelah Saat Hamil (sc) magazineorami

1.Mengonsumsi Zat Besi

Pada umumnya rasa lelah menjadi tanda bahwa ibu hamil tengah mengalami anemia. Rupanya anemia adalah masalah kekurangan gizi yang paling wajar dialami wanita hamil. Pasalnya kebanyakan wanita hamil tidak memiliki selera untuk makan. Salah satu gejala utama anemia adalah meningkatnya rasa lelah, letih, dan lesu. Maka dari itu, bagi ibu hamil harus sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran hijau, serta buah-buahan guna meningkatkan penyerapan mineral dan meningkatkan produksi zat besi.

READ  Tanoto Foundation Buat Program Pencegahan Balita Stunting

2. Aktivitas Fisik Ringan

Masa kehamilan bukan berarti harus membuat ibu hamil malas-malasan. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan,  sehingga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah selama kehamilan, melepaskan endorfin, dan dapat mengurangi kelelahan. Cara yang  satu ini akan mampu mengatasi masaah perasaan takut kelelahan dan malas melakukan apapun. Dengan begitu ibu hamil dapat  menghadapinya dan memaksakan diri untuk bergerak untuk keluar rumah, karena kontak langsung dengan sinar matahari merangsang vitamin D.

3. Hindari Dehidrasi

Siapa sangka jika kelelahan menjadi gejala awal dehidrasi. Jadi bagi wanita hamil yang tidak minum cukup air, maka dehidrasi meningkat sehingga mampu menyebabkan rasa lelah. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa organisasi kesehatan merekomendasikan konsumsi air sebanyak 2,5 hingga 3 liter/hari bagi semua orang, termasuk ibu hamil. Pasalnya dehidrasi tidak hanya mengurangi kelelahan, akan tetapi juga menyehatkan usus dan menghindarkan anda dari masalah sembelit ketika hamil.

READ  Konsumsi Makanan Penunjang Hamil Bayi Perempuan

4. Hindari Stres dalam Kehamilan

Satu lagi cara ampuh mengatasi masalah rasa lelah saat hamil adalah mampu mengelola stress dengan baik. Pasalnya kelelahan akan meningkatkan rasa kelelahan selama masa kehamilan, maka tidak hanya secara fisik akan tetapi juga secara mental. Sebaiknya lakukan aktivitas yang menenangkan seperti berdoa. Pastikan anda dapat melatih kontrol pernafasan untuk ibu hamil, karena akan mempermudah proses persalinan nantinya. Cobalah ibu hamil melakukan posisi yang nyaman dengan tulang belakang tegak, dan kemudian tutup mata untuk dapat berkonsentrasi pada pernafasan anda.

Bagaimana, anda sudah melakukan cara ampuh atasi lelah di atas? Jika memang cara tersebut belum mampu mengatasi masalah rasa lelah yang terjadi pada ibu hamil, sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan terdekat.

Facebook Comments
Tags: , ,
Tips Sehat Mengatasi Lelah Saat Hamil | Social Writers | 4.5