Trik Mengatasi Keluhan Susah Tidur Saat Hamil - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Trik Mengatasi Keluhan Susah Tidur Saat Hamil

Trik Mengatasi Keluhan Susah Tidur Saat Hamil – Susah tidur adalah keluhan yang umum dirasakan oleh ibu hamil. Hal ini memang wajar terjadi karena fluktuasi hormon yang berubah cepat. selain itu kondisi yang mudah stress juga menyebabkan ibu hamil rentan terserang insomnia. Sulit tidur juga bisa terjadi karena perut yang sudah mulai membesar. Hal ini akan menyebabkan ibu hamil kesulitan mendapatkan posisi tidur terbaiknya. Jika keluhan susah tidur ini terus berlanjut dikhawatirkan akan menyebabkan pertumbuhan janin terganggu.

Padahal istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh sehingga janin bisa tumbuh sehat. Sebenarnya mengatasi sulit tidur ini mudah dilakukan. salah satu kuncinya dengan membuat ibu hamil merasa rileks sehingga ia akan mendapatkan tidur yang berkualitas. Asupan makanan juga berpengaruh pada kualitas tidur yang didapatkan. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk mengatasi keluhan susah tidur saat hamil yang bisa anda coba.

Mengatasi Keluhan Susah Tidur Saat Hamil

1. Mencari posisi tidur yang nyaman

Trik pertama dengan merubah posisi tidur anda sehingga lebih nyaman. Posisi tidur bagi ibu hamil dianjurkan miring ke sisi kiri atau kanan. Hal ini akan mengoptimalkan aliran darah menuju plasenta dan aliran oksigen juga bisa dialirkan secara sempurna. Agar posisi miring lebih nyaman anda bisa menggunakan bantal tidur untuk menyangga perut dan leher secara lebih baik.

READ  Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua

2. Mandi air hangat

Basuhlah tubuh anda dengan air hangat. Air hangat akan memberikan efek menenangkan bagi tubuh. selain itu gunakan sabun dengan aroma segar agar anda bisa mendapatkan efek nyaman ketika tidur. mandi dengan air hangat ketika sore akan membuat pikiran lebih rileks sehingga tubuh lebih nyaman istirahat.

3. Hindari makan terlalu banyak menjelang tidur

Tips selanjutnya adalah dengan menghindari makan terlalu banyak menjelang tidur. Hal ini akan membuat kualitas tidur anda terpengaruh. Saat hamil memang keinginan makan pada malam hari lebih besar. namun hal ini akan membuat saluran pencernaan tidak normal kinerjanya sehingga ulu hati menjadi tidak nyaman. Rasa tidak nyaman inilah yang akan membuat kualitas tidur terganggu. Ganti keinginan makan anda dengan segelas susu hangat yang akan meningkatkan kualitas tidur anda.

READ  Mari Luruskan Kesalahpahaman "Stunting" Pada Anak

4. Minum segelas susu hangat

Seperti poin diatas, susu hangat memang bermanfaat besar untuk ibu hamil. Segelas susu sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur anda. susu kaya asam amino yang akan meningkatkan serotonin dalam otak. Hal inilah yang bisa membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Memijat tubuh

Mintalah pasangan untuk memberikan pijatan pada beberapa bagian tubuh anda. hal ini akan menyebabkan tubuh lebih rileks dan perasaan lebih nyaman akan dirasa. Selain itu pijatan pada pinggang akan melegakan rasa sakit secara cepat. memijat tubuh bisa menjadi rileksasi alami dan aman untuk ibu hamil menjelang tidur.

Itulah beberapa tips mengatasi sulit tidur saat hamil. Keluhan ini memang umum terjadi namun dengan tips diatas anda bisa mengatasinya dengan mudah. selamat mencoba.

Facebook Comments
Tags: , ,
Trik Mengatasi Keluhan Susah Tidur Saat Hamil | Just Writer | 4.5