Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan PKH

Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan PKH – Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disingkat menjadi PKH merupakan salah satu program perlindungan sosial dari Kemensos RI. Program ini dilaksanakan dengan memberikan bantuan tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat namun dengan syarat-syrat tertentu.

Program Keluarga Harapan atau PKH sudah dimuali sejak tahun 2007 dan hingga tahun 2017 ini program tersebut masih berlanjut. Dari tahun 2007 hingga 2017 tentunya banyak sekali perubahan-perubahan kebijakan demi penyempurnaan PKH. Seperti kebijakan besaran nominal bantuan, proses pembayaran dan juga syarat komponen penerima PKH.

See also  Jadwal Rekruitmen SDM PKH 2019 Pendamping Sosial Kemensos

Banyaknya masyarakat yang tidak menerima PKH membuat mereka bertanta-tanya tentang Cara Mendapatkan PKH. Mengingat bantuan ini dicairkan secara rutin 1 tahun 4 x, membuat banyak masyarakat yang berkeinginan untuk bisa mendapatkan Bnatuan Program Keluarga Harapan.

Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan PKH Terbaru

Kesalah pahaman terkait Cara Mendaftar PKH membuat sebagian pihak beranggapan bahwa Pendamping memiliki wewenang untuk mendaftarkan peserta baru PKH. Padahal Pendmaping PKH hanyalah petugas lapangan yang juga sebagai Pengguna data. Artinya bahwa data penerima Bantuan PKH berasal dari pusat dengan sumber PPLS dari TNP2K atau Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Jadi untuk Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan adalah calon peserta harus masuk dalam daftar Keluarga Miskin yang pendataannya adalah ketika Sensus penduduk oleh BPS. Adapun indikator kemiskinan untuk memetakan kategori masing-masing keluarga BPS lebih mengetahui dan menguasai. Namun tidak semua keluarga kategori Miskin dan atau Sangat Miskin akan langsung mendapat Bantuan PKH, sebab Penerima PKH pun harus memenuhi Syarat-syarat Peserta PKH.

Facebook Comments Box

Incoming search terms:

33 thoughts on “Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan PKH

  1. Mohon di tahun ke depan, bpS mendata lagi… Karena setiap hari , bulan, bahkan tahun pasti datanya berubah… Ada anak baru lahir ada juga anak yg sudah lulus…ada keluarga yg dulu kurang mampu dan karena rajin dan menjadi mampu… Atau sebaliknya, saya menyarankan data selalu di perbarui setiap tahun, jadi benar2 yang menerima yang berhak sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial…terimakasih

    1. Itulah lucumya pemerintahan. Lucu tapi nggak bikin ketawa. Malahan bikin jengkel hati. Mosok data tahun 2011 kok dipakai acuan untuk kebijakan tahun in bahkan tanun yang akan datang

  2. iya saya juga mw tanya knapa saya tidak terdaftar.padahal saya punya KPS.KKS.KIS dan penerima raskin. Tolong infonya dan bagaimana caranya saya bisa mendapatkan bantuan trsb. sebelumnya terimakasih

  3. kponakan saya yatim piatu tp gk dpe5t bantuan apapun saya jg pnya anak tp gak dpt justru yg dpt bantuan mlah yang punya rumah dan sawah malah keluarga rt.nya aja ko bsa dapet 2 kartu pkh dlm satu keluarga.sdangkan yamg btuh bantuan jraknya cma 3 mter dr rt.ny harusnya kan di data..ckck

  4. Iya tu …pak pemerintah harusnya gitu..di tempat saya juga yg dpt dpt terus ,bukanya tambah kaya malah tambah miskin tu orang…wong dpt malah malas2an,bukanya pkh buat beli alat untuk usaha malah buat bayar hutang bank….sekarang ya gitu akibatnya rumah tanah habis di jual karna pkh jdi malas kerja…bok di tegaskan dana pkh untuk usaha jadi bis a di gilir tiap tahunnya…klo masih itu itu aja yg dapat sama aja indonesa itu meliara orang miskin yg malas ya itu gak semua tapi kebanyakan gitu…

  5. PKH rawan di jadikan Bancakan layaknya uang nganggur,banyak yg tidak tepat sasaran bahkan hanya orang orang tertentu aja yg selama dapat padahal termasuk keluarga mampu.
    Kapan setiap bantuan bisa tepat sasaran?

  6. Saya seorang disabilitas ..
    Gak prnah dpt bantuan PKH atau BLT sampai sekarang sdh pnya anak istri . Tapi anehnya tetangga saya yang notabene seorang PNS (Guru) malah dapat bntuan tersebut .
    Tolong Dinsos RI khususnya di kabupaten Indramayu .
    Desa Tegal Taman Kecamatan Sukra, di kaji ulang pendataannya .
    Terima kasih .

  7. Saya binggung data tidk akurat di tlahab lor purbalingga warga yg memiliki fasilitas, kendaraan,memakai perhiasan,dn kesehariannya makan,atau yg lainnya serba kecukupan,malh pada dapat,,sedangkn sya hanya lulusan sd,,suami sya bertahun2 buruh,,utuk sehari2 kadang2 hampir putus asa,,,tolong sya merasa warga yg tersisihkn karna ekonomi sya,,,saya tinggal ditlahab lor purbalingga karangreja mohon dengan sangat perhatiannya trimkasih,,dn suami sya lulusan hanya sekolh dasar

  8. Sy ingin dpt pkh bu mensos anak sy 3 smua ny skolah bpk ny tukang ojeg.boleh survey ke rumah sy di
    Jl ancol selatan rt 1 rw 7 no 15 jakarta utara

  9. aslmkm wrwb ..mhn infonya di mana kita harus mengadu apabila ada dana bantuan PHK tdk tepat sasaran ..di kamung saya ada janda miskin yg menpunya 3 anak yg satu msh umur 2 th ..tdk mendapatkan dana PHK sdg kn yg ekonominya jelas2 mampu rumah bagus motor pny penghasilan
    suaminya juga lumayan ..anehnya keluarga yg di tunjuk oleh petugan itu dpt dana PHK semua ..mhn info nya sy hrs melapor ke kantor mana .trmkh.

  10. Maaf sbelum nya. Bgaimana cara nya agar bisa mendapat program pkh?? karna saya orang yang ga mampu saya tidak ada usaha ladang tidak ada suami saya kerja serabutan saya juga punya anak balita umir 3 thn tpi kok saya ga dapat bantuan pkh

  11. Ada lagi bu mensos yang terjadi di daerah saya, penerima pkh malah orang yang bukan warga asli pendatang dari daerah lain domisili ngontrak rumah seadanya ya namanya ngontrak, di daerah kami hanya cari rijki dengan berdagang. Kita tidak tau di kampung halamannya seperti apa kehidupannya, warga asli yang emang tidak mampu malah tidak dapat, jadi mohon di evaluasi data penerima di suatu daerah biar data tersebut data yg benar2 akurat dan tepat sasaran selain menghemat anggaran juga tepat guna programnya..

    Terima kasih

  12. assalamualaikum…kanan kiri pada dpt knp keluaraga sy..yg punya anak sekolah smp. sd.. gak dpt.. padahal sy jualan nasgor..bukan karyawan penghasilan tidak tetap..apa ada sentimen petugas di lapangan ..petugasnya belakang rmh..malah yg jauh2 di ambil datanya trimksh tlg diteruskan..warga rt13rw12..semper barat wasalam

  13. Sy jg ng dpt padahal sy sangat membutuhkan buat anak sklh..tp dari dulu puhak rt slalu memil keluarga sendiri atau kerabtanya sendiri,bkn sy aja tetangga jg ng dpt sama sekali padahal mereka jg samgat membutuhkan bantuan itu…mohon dari pihak kemensos turun langsung supaya bener” tepat sasaran…tks sy dari depok rt 01 rw 12

  14. saya pernah diminta kk untuk mendapatkan pkh setahun lebih tapi blm pernah dpt bahkan januari thn 2016 saya dianjurkan gubernur jateng untuk mengajukan kis, kip,kks persyaratan sudah diminta pak anjas tksk kec delanggu tapi juga data terakhir nama saya nggak ada sampai untuk operasi kanker payudara istri saya dianjurkan ke bpjs mandiri ,makasih dan mohon perhatiannya

  15. kami blm pernah dpt bantuan walaupun semua persyaratan sudah diajukan dari rt,rw,bahkan tksk kecamatan,dan terakhir januari 2016 kami dpt sms gubernur jateng untuk dpt kis,kip,dan kks sampai sekarang juga blm dapat

  16. بسم الله الرحمن الرحيم
    Asalamualaikum. Bpk,ibu yg terhormat, mohon maaf sebesarny saya mau lapor tentang penerima pkh desa cibeureum kec:kertasari, rw 12 . Knapa kartu atm nya ga di pegang oleh penerima pkh tapi malah di pegang sama pengurus/Ketua tim nya jadi penerima g tau cair pkh brapa dan ada potongan 100.000. Padahal kan atm itu bersifat pribadi bukan untuk diketahui orang lain no pin nya, terima kasih banyak sdah mau mnanggapi kluhan dari saya.

  17. mohon pendataan calon PKH di Desa Sumberejo , Kec. Durenan,Kab. Trenggalek,Jatim di cek ulang karena kekuarga yg mampu, suaminya kerja di Bank, dll kok bs dapat PKH. sedang masih banyak krkuarga miskin yg blm dspat. terima kasih

  18. tolong di data ulang lagi untuk wilayah bandung…banyak yang tidak tepat sasaran…ada yg punya gaji di atas umr tapi dapet pkh tolong di salurkan kpd yg lebih membutuhkan
    terima kasih

  19. mohon setiap tahun didata ulang.. agar tidak mnjadi salah sasaran.. didaerah saya ada yg baru menikah 8bln dan skarang dapat PKH.. siapa aja pasti iri

  20. Tolong kalau melakukan sensus/ pendataan d kroscek ulang,d kampung kami penerima PKH salah sasaran,banyak orang yang lebih susah dan lansia tp tdk dpt.pendataan trsb menurut saya hnya sbg simbol saja.padahal sudah d tunjukan oleh oknum tertentu.contoh nya saya sendiri istri hamil,kakak ipar saya penyandang disabilitas nenek dan bibi saya dah gak mampu kerja punya ank sekolah jg,gak pernah yang namanya d sensus/ pendataan

  21. sangat tidak adil bagi para janda…
    tante q janda mulai umur 20 ampek sekarang gk menikah …dan menafkahi keluargaxx dengan berjualan baju dengan jalan kaki.
    tapi knpa datax tidak masuk.mohon liq data it yg teliti …

  22. Saya merasa bingung mengapa di desa saya yang mendapat kan PHK yang masih mampu dan masih bisa berusaha … Sedangkan janda sebatang kara yang penghasilan belum bisa di tentukan tidak dapat bantuan apapun.. saya harap kepada pemerintah yang mengurus PKH harus di tinjau kembali khususnya di Desa Jalaksana Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan provinsi Jawa barat. Tolong di di Data kembali pak… Karena menimbulkan kecemburuan sosial. Terima Kasih

  23. Saya merasa bingung mengapa di desa saya yang mendapat kan PKH yang masih mampu dan masih bisa berusaha … Sedangkan janda sebatang kara yang penghasilan belum bisa di tentukan tidak dapat bantuan apapun.. saya harap kepada pemerintah yang mengurus PKH harus di tinjau kembali khususnya di Desa Jalaksana Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan provinsi Jawa barat. Tolong di di Data kembali pak… Karena menimbulkan kecemburuan sosial. Terima Kasih

Leave a Reply