Kenapa E-Warong Akan Dihapus Oleh Bu Risma? Berikut Alasannya! - Harian Keluarga

Kenapa E-Warong Akan Dihapus Oleh Bu Risma? Berikut Alasannya!

Harian Keluarga – Menteri Sosial Tri Rismaharini memutuskan untuk menghilangkan program elektronik warung gotong-royong (e-Warong). Keputusan itu disampaikan Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI yang disiarkan langsung via Youtube DPR RI pada, Senin (24/5/2021).

“Saya juga mohon izin, pak, untuk e-warong itu akan saya hapus,” ujar Risma.

Ia lantas mengungkapkan alasan di balik penghapusan program itu. Risma menyebut harga bahan pangan yang dijual e-Warong lebih mahal ketimbang warung biasa.

“Karena kemarin saya melihat sendiri dengan pak menko (Menko PMK Muhadjir Effendy) di e-Warong di Solo itu saksinya pak dirjen, itu masyarakat membeli telur ayam Rp 27 ribu/kg. Di depan, di depan, jaraknya tiga meter pak, ada jual di situ ditulis dijual telur ayam dalam bentuk grosir ternyata minimal 1/2 kg. Terus saya tanya bu, saya ngomong, lho kok naiknya banyak kemarin itu Rp 18 ribu/kg, kenapa Rp 27 ribu/kg? Bu kita ngambilnya Rp 26 ribu/kg,” paparnya.

READ  Kawal Penyaluran Bansos, Polres Tebingtinggi Lakukan Monitoring

“Nah kemudian saya jalan eh di depan saya baca poster terus saya tanya ke ibu yang jual. Bu berapa bu telur? Rp 18.500/kg. Artinya perbedaan orang miskin dia membeli lebih mahal karena kita menetapkan di tempat itulah harus beli,” lanjut Risma.

Eks Wali Kota Surabaya itu pun mengaku bersama Kejaksaan Agung (Kejagung) telah empat kali menemukan fakta serupa.

“Ada yang saya berhentikan sebagai PKH, itu. Mohon maaf saya tidak laporkan karena ini juga supaya teman-teman saya di kementerian ini tenang dulu pak. Jadi seperti itu,” kata Risma.Ia pun mengaku telah menyiapkan program serupa e-Warong namun dengan pendekatan yang berbeda. Semua akan terhubung via aplikasi.

READ  9372 KPM Terima Bantuan Beras Sebesar 30 Kg per Penerima

“Kita lagi siapkan aplikasinya dengan handphone saja nanti. Jadi penjual itu tinggal klik-klik begitu. Kemudian report itu masuk ke kita. Seperti itu pak. Jadi saya mohon izin itu,” ujar Risma.

Sumber; https://www.cnbcindonesia.com/

Facebook Comments Box

Incoming search terms:

Tags: , ,
Kenapa E-Warong Akan Dihapus Oleh Bu Risma? Berikut Alasannya! | Social Writers | 4.5