4 Penyebab Kematian Ibu Saat Melahirkan

Ini Dia Penyebab Kematian Ibu Saat Melahirkan – Banyak kasus yang mempersoalkan tentang kematian ibu hamil ketika melahirkan anaknya. Hal tersebut memang dipengaruhi oleh berbagai factor kesehatan sang ibu. Apalagi bagi ibu hamil yang memiliki masalah gangguan kesehatan, besar kemungkinan akan memicu risiko saat melahirkan. Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan selama masa kehamilan.

Perlu disadari bahwa jika kehamilan tidak sehat atau proses persalinan tidak berjalan lancar, maka nyawa sang ibu yang akan menjadi taruhannya. Mengingat wanita hamil yang mempertaruhkan nyawanya saat hamil, anda mesti tahu mengetahui penyebab kematian ibu hamil agar bisa mengantisipasi factor tersebut. Ini dia penyebab kematian ibu hamil pada sata melahirkan calon bayi.

Beberapa Penyebab Kematian Ibu Saat Melahirkan

1. Infeksi

Sebagai ibu hamil haru tahu jenis infeksi yang mampu memburuk dan memicu penurunan tekanan darah. Bahkan Syok pada infeksi akan mempercepat rusaknya  beberapa organ seperti ginjal, hati, atau paru-paru, dan bisa menyebabkan kematian. Agar bisa menghindari hal semacam ini, ibu hamil disarankan untuk selalu rutin memeriksakan diri ke dokter sebelum dan selama masa kehamilan berlangsung. Pasalnya cara seperti ini akan bisa ditangani dengan baik dan tidak memburuk selama kehamilan.

See also  15 Makanan Detoksifikasi Yang Harus Diketahui Ibu Hamil

2. Preeklamsia

Pada dasarnya ibu hamil selalu memiliki tekanan darah tinggi dan merupakan hal yang umum terjadi. Kendati demikian, tekanan darah tinggi yang tidak ditangani dengan baik saat hamil dapat berubah menjadi masalah serius, yakni preeklamsia. Menurut para medis preeklamsia termasuk keadaan tekanan darah tinggi disertai rusaknya organ pada tubuh dan ditemukannya protein dalam urine.  Paling banyak yang terjadi bagi ibu hamil yang mengalaminya setelah lima bulan kehamilan. Bahkan ibu hamil akan menderita preeklamsia jika baru pertama kali hamil, mengandung saat berusia di bawah 20 tahun atau di atas 40 tahun.

3. Terjadi Pendarahan

Taukah anda bahwa penyebab kematian yang paling banyak terjadi adalah pendarahan saat melahirkan. Namun penyebab kematian ibu hamil saat melahirkan yang harus diwaspadai adalah terjadinya pendarahan hebat. Tentu saja bahaya sekali jika ibu hamil mengalami pendarahan tersebut. Hal ini karena mampu mengakibatkan kematian mendadak,  lantaran bagian ari-ari tertutup jalan kelahiran. Oleh karena itu, jika ibu hamil mengalami pendarahan harus segera dibawa ke dokter sebelum berujung pada kematian.

See also  Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

4. Mengidap Penyakit Tertentu

Satu lagi penyebab mengapa ibu hamil mengalami kematikan pada saat melahirkan. Mungkin penyakit yang sudah anda alami sebelum hamil rupanya masih dibawa hingga berbadan dua dan tentunya membahayakan nyawa anda sendiri maupun bayi yang dilahirkan. Terlebih lagi bila kondisi tersebut tidak mendapat penanganan yang baik maka akan berujung kematian. Beberapa jenis penyakit tersebut di antaranya adalah  penyakit ginjal, kanker, jantung, tuberkulosis, anemia, HIV/AIDS, atau penyakit lainnnya.

Bagaimana, anda sudah paham Penyebab Kematian Ibu Saat Melahirkan? Semoga saja anda sekarang lebih memahami betapa pentingnya menjaga gaya hidup dan pola makan agar tetap sehat demi bayi anda.

Facebook Comments Box

Leave a Reply